ASI Berkualitas

Mau ASI Berkualitas? Ini Cara Menjaga Payudara

Bayi membutuhkan ASI sebagai asupan nutrisi paling utama untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Pemberian ASI eksklusif dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan. ASI berkualitas bisa Anda berikan kepada bayi dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu ASI berkualitas akan didapatkan dengan cara menjaga payudara berikut ini.

1. Pijat Payudara dengan Rutin
Penyumbatan pada saluran air susu akan membuat payudara menjadi bengkak dan ini terjadi pasca Anda menyusui bayi. Agar ASI dapat berjalan dengan lancar Anda harus melakukan pijatan pada payudara secara rutin sehingga dapat mengatasi penyumbatan yang terjadi.

Pembengkakan juga dapat Anda atasi dengan melakukan kompres pada payudara menggunakan handuk hangat. Lakukan setiap sebelum dan setelah menyusui agar Anda merasakan nyaman sekaligus dapat merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI. Jika terjadi kondisi yang tidak mengalami perubahan maka segera lakukan pemeriksaan.

2. Kebersihan Puting dan Aerola
Anda harus menjaga kebersihan puting dan areola untuk melindunginya dari kuman dan bakteri yang mengakibatkan terjadinya infeksi. Setelah menyusui bersihkan area puting dan areola hingga kering karena kelembapan dapat membuat kuman berkembang biak sehingga terjadi infeksi.

Hindari juga penggunaan sabun untuk membersihkan puting karena dapat membuatnya kering. Hal ini dapat terjadi karena sabun mengandung soda yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit hingga menjadi lecet dan iritasi. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat terlebih dahulu.

3. Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan ASI berkualitas. Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan B karena vitamin ini akan membuat payudara Anda terlindungi. Anda bisa mendapatkan kandungan ini dengan mengonsumsi susu khusus ibu menyusui. Susu ini bisa Anda beli di JGOS dengan harga sale.

Lakukan istirahat dengan cukup setiap harinya agar tubuh Anda tidak merasa kelelahan. Selama masa menyusui Anda sebaiknya mengurangi makan makanan instan dan juga junk food. Lakukan olah raga secara teratur agar tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat sehingga tidak menghambat produksi ASI.

4. Gunakan Bra yang Sesuai
Anda harus menggunakan bra sesuai dengan ukuran sehingga memberikan kenyamanan. Ukuran bra yang sesuai akan membuat payudara Anda tidak mengalami sakit dan sesak sehingga kelenjar payudara dapat memproduksi ASI dengan leluasa. Anda sebaiknya menggunakan bra berbahan lembut dan menyerap keringat sehingga tidak menimbulkan kelembapan.

Ketika Anda mengalami demam, nyeri berlebihan, dan ada bagian kulit kemerahan maka segera konsultasikan ke dokter. Selama menyusui Anda bisa mendapatkan bra khusus menyusui di orami.com dengan kualitas yang terjamin dan harga yang terjangkau. Anda bisa melihat detail produk dengan mengunjungi website dan melakukan pembelian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *